About Me

Selasa, 10 Mei 2011

JIKA AKU MENJADI Penjual Gentong

udah lama banget gw pengen cerita tentang pengalaman gw selama ikut program trans tv "Jika Aku Menjadi", dan akhirnya baru sekarang deh bisa nulis. itung-itung buat nambahin halaman blog ini juga, hehehe..

saat itu sekitar bulan september tahun 2010 saya mendapatkan tugas untuk menjadi talent Jika Aku Menjadi di daerah sekitaran semarang, sampai di sana saya sangat kaget. rumah yang ukurannya sangat kecil itu ternyata dihuni oleh sepasang suami istri yang udah lanjut usia dan beberapa kambing peliharaannya. miris banget saat ngeliat langsung, ternyata emang bener negara kita masih amat sangat jauh dari kesejahteraan.. fiiuuuhhh :(

selama 3 hari saya tinggal di rumah bapak dan ibu slamet (narasumber), beliau adalah pengrajin dan penjual gentong di sana. seiring dengan berkembangnya jaman, ternyata sudah tak banyak lagi yang membutuhkan gentong. sedih rasanya melihat perjuangan bapak slamet, bayangkan saja untuk membuat 1 gentong itu butuh waktu berhari-hari mulai dari mengambil tanah liat (yang sekarang makin sulit ditemukan), membuat gentongnya (ibu slamet adalah satu-satunya warga di sana yang bisa membuat gentong), membakar gentong, sampai menjualnya.

ibu slamet saat itu bercerita kepada saya dengan mata yang berkaca-kaca " dulu.. bapak'e ngga pulang-pulang ke rumah selama 4 hari, saya pikir dia hilang, saya udah nanya ke orang pintar, takut bapak'e ada apa-apa" terlihat air matanya udah mengalir.. "ternyata dia takut pulang karena 1 gentong pun ngga laku-laku" kata ibu slamet sambil menyeka air matanya.

sedih rasanya melihat kehidupan mereka, namun berkat mereka juga lah saya merasakan arti hidup yang sebenarnya. selama ini saya terlalu banyak mengeluh akan kekurangan hidup saya, pengen punya ini lah, itu lah.. tapi saya ngga pernah sadar ternyata masih banyak yang lebih susah hidupnya :(
ngambil tanah liat

membuat gentong


rumah bapak dan ibu slamet


2 komentar:

  1. wah,pernah ikut ya mbak? :D
    ane sering nonton acaranya loh. bikin mata hati kita lebih terbuka.

    BalasHapus
  2. Saluuuutttt buat mbknya,,,,,,!!!!!!!

    BalasHapus